Tentang Bakmi Djawa Mbah Lurah

Salah satu makanan yang bikin kangen di kota Jogja itu bakmi jawa, selain makanan lain seperti gudeg, soto, sate kere, sego kucing dan masakan lain yang banyak di jumpai dihampir sudut kota. Menurut Wikipedia Bakmi Djawa , Bakmi Jawa atau Mi Jawa adalah bakmi rebus (Jawa: bakmi godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Kebanyakan bakmi Jawa adalah bakmi rebus, sehingga di luar negeri (Malaysia dan Singapura) bakmi Jawa ini dikenal dengan sebutana mee rebus, akan tetapi sebenarnya terdapat variasi mi goreng dari bakmi Jawa.

Rahasia Api Arang, Anglo dan Bumbu Racikan Mbah Lurah.
Banyak sekali Bakmi Djawa/Jawa yang dapat kita jumpai di kota Jogja, tidak ada yang tau pasti asli darimana masakan ini, yang jelas Wonosari, Gunungkidul termasuk salah satu daerah yang banyak mensuplai penjual Bakmi Jawa. Banyak penjual bakmi Jawa di kota-kota besar di Indonesia ini berasal dari kota Wonosari Gunung Kidul, demikian juga penjual di daerah-daerah kota/kabupaten sekitar Jogjakarta.

Bakmi Jawa dimasak sangat khas dengan api yang berasal dari pembakaran arang kayu maupun kelapa. Cara memasak dengan perangkat ini menghasilkan masakan yang lezat dan aromanya sangat khas.

Bakmi Mbah Lurah, menyajikan masakan Bakmi Djawa/Jawa dengan bumbu racikan khusus dari bahan-bahan terpilih seperti bawang putih, lada, kemiri, ebi dan lain sebagainya yang telah diresepkan secara turun temurun. Selain itu pemilihan bahan mentah mie yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet menjadikan olahan bakmi di tempat kami terjamin mutunya. Irisan/suwiran ayam kampung yang segar, serta sayur-sayuran segar tidak lupa kami sertakan untuk menambah cita rasa bakmi djawa/jawa Mbah Lurah. Sebagai pelengkap kami taburkan gorengan bawang yang gurih serta potongan-potongan acar mentimun yang menyegarkan.

Silakan saja cicipi jika sedang berada di kota Jogja, Bakmi Djawa/Jawa Mbah Lurah berada di selatan kota Jogja, di seputaran daerah Bugisan.